Apasih NISN itu? Apa bedanya sama NIS? Yuk cari tahu jawabannya #ZonaTanya

Assalamu'alaikum. Wr. Wb.

Hallo, Thirtyniners. Apa kabarnya hari ini? Semoga baik-baik aja ya. Mumpung hari minggu, sekolah juga sedang libur, Blog Official SMP Negeri 39 Bekasi mau membantu menjawab pertanyaan yang seringkali muncul dipikiran teman-teman Thirtyniners semuanya. Pertanyaan itu adalah tentang NISN dan satu lagi yaitu NIS.

Ya, benar sekali memang terkadang kita sulit membedakan ketika ada instrumen-instrumen pendataan atau pertanyaan yang menanyakan tentang kedua nomor unik tersebut. Sehingga membuat kita menjadi bingung, tidak mengisi pendataan, atau bahkan yang berbahaya adalah salah mengisi. Karena ketika kita salah mengisi nomor yang ternyata justru milik orang lain, maka yang akan terproses datanya adalah orang lain, sedangkan kita tetap dianggap belum terproses datanya.





Oleh karena itu, untuk membuka wawasan teman-teman Thirtyniners sekaligus menjadi pengetahuan bagi yang belum tahu, yuk langsung saja kita bahas apa itu NISN dan NIS!


1. NISN

NISN adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. Dari kepanjangan tersebut kita bisa pahami bahwa NISN merupakan sebuah nomor unik yang diberikan dan wajib dimiliki oleh setiap pelajar sekolah di seluruh Indonesia yang menjadi sebuah nomor identitas khusus bagi pelajar itu sendiri dalam database Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.

NISN itu sendiri diterbitkan/dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui pengajuan yang dilakukan oleh pihak sekolah dan Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten setempat. Jadi, nomor NISN ini cukup satu saja walaupun pelajarnya berpindah-pindah sekolah ke seluruh Indonesia. Karena nomor ini berlaku dalam skala nasional atau berlaku di seluruh Indonesia.

Untuk masa berlakunya, NISN akan tetap berlaku, tetap digunakan dan tetap sah dimata hukum ketika siswa tersebut masih menjadi seorang siswa/pelajar. Mulai dari tingkat sekolah dasar (SD/Sederajat), sekolah menengah pertama (SMP/Sederajat), hingga sekolah menengah atas (SMA/Sederajat), NISN yang digunakan tetaplah sama dan masih berlaku. Namun ketika siswa melanjutkan ke jenjang tingkatan selanjutnya menjadi mahasiswa di perguruan tinggi, nomor NISN ini tidak berlaku lagi. Biasanya hanya digunakan saat pendaftaran awal ketika ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi/sedarajat saja. Dari namanya saja sudah berubah, dari siswa menjadi mahasiswa. Maka, nomor yang digunakan pun akan berbeda. Biasanya yang digunakan pada jenjang perguruan tinggi adalah NIM/NPM yang akan kita bahas pada waktu selanjutnya jika ada kesempatan.

Jadi, sudah jelas ya tentang NISN. Intinya adalah nomor identitas tingkat nasional khusus bagi setiap siswa di seluruh Indonesia yang diterbitkan dan diakui oleh Pemerintah.


2. NIS

NIS adalah singkatan dari Nomor Induk Sekolah. Nomor ini diterbitkan atau dibuat oleh setaip sekolah bagi siswa/i nya. Nomor ini biasanya merupakan kombinasi unik yang dibuat sekolah untuk mengidentifikasi sekaligus mengklasifikasi (mengelompokkan) siswa/i nya.

Pada metode ini, kebanyakan sekolah melakukan kombinasi nomor unik menjadi NIS melalui penggabungan tahun pelajaran dan nomor urut saat siswa tersebut diterima di sekolah. Misalnya: si “A” diterima disekolah ditahun pelajaran 2015/2016 dengan nomor urut saat diterima adalah 241, maka nomor NIS yang dihasilkan adalah 1516241 (tahun pelajaran + nomor urut). Meski begitu, tidak semua sekolah menggunakan metode yang sama. Karena setiap sekolah ataupun daerah diberikan kewengan untuk mengelola pemberian nomor NIS bagi siswa/i nya masing-masing.

Jadi, intinya NIS itu adalah sebuah nomor identitas khusus yang dibuat oleh sekolah bagi setiap siswa/i untuk mempermudah dalam mengidentifikasi siswa/i nya pada masing-masing sekolahnya. Jadi NIS ini hanya berlaku pada sekolah yang menerbitkan, dan tidak berlaku lagi ketika siswa pindah sekolah atau melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Kesimpulannya, Perbedaan antara NISN dan NIS adalah :
  • NISN dibuat oleh kementerian, sementara NIS dibuat oleh sekolah yang menerbitkannya
  • NISN berlaku di seluruh Indonesia, sementara NIS hanya berlaku di sekolah yang menerbitkannya
  • NISN berlaku sampai pelajar lulus sebagai siswa/melanjutkan sebagai mahasiswa, sementara NIS berlaku sampai pelajar meninggalkan sekolah yang menerbitkan NIS nya
  • NISN hanya dibuat satu kali, sementara NIS dapat dibuat berkali-kali sebanyak jumlah berapa kali siswa berpindah sekolah ataupun jenjang pendidikannya.

Namun karena kurang rapihnya pendataan yang dilakukan mulai dari tingkat siswanya, sekolah, hingga pusat membuat saat ini banyak siswa yang memiliki lebih dari satu NISN atau NISN nya berubah-ubah. Oleh karena itu, kini semua komponen pendidikan sedang berbenah diri untuk memperbaiki kualitas dan mekanisme pendataannya agar ada kesesuaian, keserasian antara data yang dimiliki siswa dengan sekolah maupun dengan pihak pusat (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia).

Nah, jadi sudah jelas ya kenapa seringkali siswa/i dimintakan melakukan pendataan atau mengisi data-data dari sekolah atau dari kementerian yang kadang juga instrumen datanya atau pertanyaannya banyak banget. Akan tetapi itu semua demi kebaikan bagi kalian sendiri siswa/i SMP Negeri 39 Bekasi, agar data kalian baik di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia maupun di sekolah semuanya benar dan sesuai dengan kenyataannya. Jadi nanti di absen, di kartu NISN, di kartu pelajar, ketika ujian nasional, di Ijazah, semua datanya benar dan sesuai dengan apa yang kalian harapkan (aamiin).

Kalau begitu, mulai sekarang jangan malas-malas lagi ya buat menyisihkan waktu untuk mengisi pendataan baik yang dibuat sekolah maupun kementerian.

Sekian penjelasan tentang NISN dan NIS kali ini, jika ada pertanyaan, yang mau melakukan perbaikan data NISN, Pengajuan NISN atau sekedar ucapan terima kasih silahkan tulis di kolom komentar ataupun email ke smpn39kotabekasi@gmail.com.

Jangan lupa dishare informasi ini ke teman-teman kalian.
Semoga bermanfaat, Terima kasih.


Happy Weekend Thirtyniners. 

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran TIK Dalam Pembangunan Karakter Bangsa #ZonaTIK

Yuk Belajar Lebih Dalam Tentang Mamalia #ZonaBiologi